• May 2007
    M T W T F S S
        Dec »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  

Draft Kurikulum Animasi 2D

KURIKULUM ANIMASI 2D

  1. Menggambar Dasar
  2. Menggambar Sketsa
  3. Menggambar Bentuk
  4. Menggambar Perspektif
  5. Menggambar Anatomi
  6. Menggambar ‘Lighting’ dan pemahaman warna (colour theory)
  7. Menggambar Model / Live Drawing
  8. Menggambar Ekspresi
  9. Menggambar Action
  10. Menggambar Manusia
  11. Menggambar Hewan
  12. Menggambar Tetumbuhan
  13. Menggambar Luar Ruang
  14. Menggambar Dalam Ruang
  15. Menggambar Bangunan /Arsitektur
  16. Menggambar ‘Effect’
  17. Menggambar Karakter
  18. Menggambar ‘thumbnails’
  19. Sejarah Animasi
  20. Cinematography
  21. Key drawing, Extreem, Breakdown, Inbetween
  22. Squash and stretch
  23. Anticipation
  24. Staging
  25. Straight ahead and pose to pose animation
  26. Follow through and overlapping action
  27. Slow in and Slow out
  28. Arcs
  29. Secondary Action
  30. Timing
  31. Exeggeration
  32. Solid drawing
  33. Appeal
  34. Breaking joints to give flexibility
  35. Weight
  36. Takes and double takes
  37. Dialogue and lips synch
  38. Exposure sheet
  39. Animasi orang berjalan
  40. Animasi orang berlari
  41. Animasi orang melompat
  42. Animasi binatang berkaki empat
  43. Animasi binatang berkaki dua
  44. Animasi burung, kupu kupu dan serangga terbang
  45. Animasi orang menoleh
  46. Animasi ekspresi wajah
  47. Animasi berbagai action
  48. Animasi dengan memakai referensi
  49. Animasi air, api dan angina
  50. Animasi karakter ciptaan sendiri
  51. Animasi kendaraan darat, laut dan udara
  52. Animasi karakter sesuai deskripsi yang telah ditentukan (baik, jahat, malas, sombong, cantik, galak, dsb)

TUGAS TUGAS :

  1. Membuat gambar gambar sesuai dengan mata pelajaran .
  2. Membuat gambar di luar seperti di pegunungan, di keramaian, malam hari , pagi hari dsb.
  3. Menggambar sketch dan live drawing
  4. Membuat inbetween dari garis, bentuk dan benda.
  5. Membuat animasi sesuai dengan prinsip prinsip animasi yang telah diajarkan.
  6. Membuat animasi orang berjalan dengan berbagai kondisi dan situasi (berjalan normal, cepat, lambat, lelah, orang hamil, orangtua, raja, anak kecil, bayi , mendekati camera, menjauhi camera, berjalan dengan perspektif dsb) secara realistis dan kartun.
  7. Membuat animasi orang berlari (lari cepat, lambat, ketakutan, dikejar anjing, santai, perlombaan , mendekat dan menjauhi camera, dsb) secara realistis dan kartun.
  8. Membuat animasi kegiatan sehari hari seperti bangun dari duduk, terjatuh, mandi, makan, minum, mencuci, menyapu dsb.
  9. Membuat berbagai ekspresi seperti marah, tertawa, tersenyum, sedih, lesu, optimis, depresi, dan reaksi orang kedua terhadap ekspresi tsb.
  10. Membuat animasi suatu ekspresi pada karakter yang berbeda-beda. Misalnya marah seorang direktur terhadap bawahan. Bagaimana sikap marah direktur yang bijaksana, yang temperamental, yang pendiam, dsb.
  11. Membuat animasi beberapa karakter di dalam satu frame dan interaksi dengan karakter yang lain.
  12. Membuat animasi gerak yang sedikit seperti bernapas, meringis, marah yang tertahan(geram), tidur dsb.
  13. Membuat dua karakter yang berinteraksi seperti berkelahi, bergurau, berseteru dsb.
  14. Membuat animasi binatang berkaki empat berlari, berjalan, menoleh, berekspresi, dengan berbagai kondisi dan berbagai referensi, secara realistis dan kartun.
  15. Membuat animasi binatang berkaki dua berjalan, berlari, terbang, berkspresi dengan berbagai kondisi dan berbagai referensi secara realistis dan secara kartun.
  16. Membuat storyboard.
  17. Membuat layout.
  18. Membuat design background.
  19. Membuat design character.
  20. Membuat gambar background
  21. Membuat animasi iklan pendek layanan masyarakat 30 detik.
  22. Membuat secara team tugas akhir film pendek 8-10 menit.

KUNJUNGAN STUDI

  1. Musium.
  2. Pertunjukan wayang orang
  3. Pertunjukan drama
  4. Pertunjukan seni tari
  5. Pertunjukan seni budaya dari berbagai daerah dan negara lain
  6. Candi Borobudur, Taman Mini Indonesia Indah.
  7. Menonton film, semua film dari yang terbaik sampai terburuk, dari semua Negara, baik film live action maupun animasi untuk dipelajari dan bahan Referensi.

oleh : aji 310507

Ditulis berdasar draft yang disusun oleh DENNY A DJOENAID (ketua AINAKI Pusat)

semoga “pemerintah” segera merespon dan mewadahi penyusunan standart kompetensi program keahlian animasi yang telah berjalan 2 tahun terakhir tanpa panduan yang ‘legal’.

About these ads

2 Responses

  1. saya juga berharap pemerintah menerapkan penyusunan standart kompetensi 2 dimensi

  2. thanks

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: